Senin, 15 September 2014

PETAI (PARKIA SPECIOSA)



PETAI (PARKIA SPECIOSA)




Setelah artikel saya tentang kangkung selesai,saya kepikiran untuk menguak tentang pohon petai. Anda pasti tahu petai kan???  Beberapa orang berpikiran petai merupakan makanan yang bau & tidak enak.Maka dari itu saya berpikir untuk membuat artikel tentang petai. Silahkan membaca… ,,,

A.  DEFENISI PETAI

            Dalam dunia tumbuhan tanaman petai diklasifikasikan dalam keluarga “leguminosae”(mimosaceae), marga parkia dan jenis parkia speciosa Tanaman petai berupa pohon dengan ketinggian antara 5-25 meter dan membentuk percabangan yang banyak. Bagian dari buah petai yang paling penting dimanfaatkan adalah bijinya.
             Berdasarkan jumlah biji pada polongnya, tanamann petai dikelompokan menjadi dua yaitu petai gajah dan petai kacang. Petai gajah mempunyai polong sepanjang 25-30 cm, dengan jumlah biji sebanyak 15 atau lebih. Bijinya berukuran besar. Petai kacang ukuran polongnya lebih pendek dari petai gajah. Jumlah biji tiap polong antara 10-12 ukuran bijinya juga lebih kecil.

B.    SUMBER ENERGI

Makan petai bagi sebagian orang mungkin dirasa memalukan, padahal petai merupakan sumber energi yang baik, yaitu 142 kkal per 100 g biji, petai mengandung 3 macam gula alami, yaitu ?
  • Sukrosa
  • Fruktosa
  • Glukosa
Yang dikombinasikan dengan serat, kombinasi tersebut dengan serat. Kombinasi tersebut mampu memberikan dorongan tenaga instan, tetapi cukup lama dan cukup besar efeknya. Riset membuktikan, dua porsi petai mampu memberikan tenaga yang cukup untuk melakukan aktivitas berat selama 90 menit. Karena itu, petai merupakan sumber energi yang potensial untuk mendukung berbagai aktivitas.
Jangan heran jika petai adalah buah yang disukai para atlet top. Riset membuktikan, petai tidak sekedar memberi energi, juga mampu mencegah, bahkan mengatasi berbagai macam penyakit dan kondisi buruk.

C. KANDUNGAN YANG TERDAPAT PADA PETAI

           Petai juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Yaitu 46mg per 100g biji. Kandungan vitamin A pada petai juga cukup baik, yaitu 200 iu per 100g, penelitian yang dilakukan oleh widiarti (2002) membuktikan bahwa konsumsi petai sangat bermanfaat bagi kesehatan. Selain nilai gizinya yang tinggi, petai juga mengandung beberapa senyawa kimia lainnya seperti Cyclic polsulphida dan thiozoline-4-carbocyclic (TCA), yang dapat digunakan untuk pengobatan.

D.  MANFAAT DAN KHASIAT PETAI/ PETE BAGI KESEHATAN

        Petai memiliki kandungan sukrosa, fruktosa, dan glukosa yang dikombinasikan dengan serat. Ketiga zat ini adalah gula alami yang bisa menghasilkan energi instan namun cukup lama dan cukup besar efeknya bagi mereka yang mengkonsumsinya. Bahkan, kandungan protein dalam petai empat kali lebih banyak daripada apel. Selain itu, kandungan karbohidrat, fosfor, vitamin A, zat besi dan vitamin serta mineral lainnya dalam petai juga masih lebih banyak bila dibandingkan apel. Petai juga kaya kalium dan merupakan buah dengan nilai makanan terbaik.

E.   BEBERAPA KHASIAT PETAI/ PETE :

  •   OBAT HATI DAN GINJAL

Radikal bebas mudah sekali ditemukan pada berbagai produk pangan, terutama pada produk yang digoreng atau dibakar. Hidrogen peroksida; super­oxidee anion, dan hidroksil, merupakan contoh-contoh radikal bebas. Molekul tersebut sangat tidak stabil, sangat reaktif, dan merusak jaringan. Radikal bebas akan menjadi tidak berdaya bila berhadapan dengan antioksidan.

  •   TEKANAN DARAH TINGGI DAN STROKE

Buah tropis unik ini sangat tinggi kalium, tetapi rendah garam, sehingga sangat sempurna untuk memerangi tekanan darah. Begitu tingginya, sehingga FDA Amerika mengizinkan perkebunan petai untuk melakukan klaim resmi mengenai kemampuan buah ini untuk menurunkan resiko tekanan darah dan stroke.
Menurut riset dalam “The New England Journal of Medicine” makan pete sebagai bagian dari makanan sehari-hari akan menurunkan resiko kematian karena stroke sampai 40%.

  •  LUKA LAMBUNG

Buah ini mampu menetralkan asam lambung dan mengurangi iritasi dengan melapisi permukaan dalam lambung.

  •  STRES

Kalium adalah mineral penting, yang membantu untuk menormalkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak dan mengatur keseimbangan cairan tubuh. Ketika kita stress, kecepatan metabolisme kita akan meningkat, sehingga akan mengurangi kadar kalium dalam tubuh. Hal ini dapat diseimbangkan lagi dengan bantuan makan petai yang tinggi kalium.
  •   ANEMIA
Dengan kandungan zat besi yang tinggi, petai dapat menstimulasi produksi sel darah merah dan membantu apabila terjadi anemia.
  •   SEMBELIT
Karena kandungan serat yang tinggi, maka pete akan mempermudah menormalkan kembali aksi pencernaan, membantu mengatasi permasalahan ini tanpa harus kembali ke laksativ.
  •  GIGITAN NYAMUK
Sebelum anda meraih krim gigitan nyamuk, coba untuk menggosok daerah yang terkena gigitan dengan bagian dalam kulit pete. Banyak orang berhasil mengatasi rasa gatal dan bengkak dengan cara ini.

F.   MANFAAT SEBAGAI OBAT.
  •   Depresi
Menurut survei yang dilakukan oleh MIND diantara pasien diantara penderita depresi, banyak yang merasa lebih baik setelah makan petai. Hal ini terjadi karena petai mengandung trytophan, sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin, inilah yang akan membuat rileks, memperbaiki mood secara umum membuat seseorang menjadi lebih bahagia. 
  •  PMS (premanstrual syndrome)
Jika mengalami PMS saat tamu datang, Anda tak perlu minum pil ini ataupun itu, cukup atasi dengan makanan petai, vitamin B6 yang terkandung didalam petai mengatur kadar gula darah yang dapat membantu mood.
  •   Anemia
Dengan kandungan zat besi yang tinggi, petai dapat menstimulasi produksi sel darah merah dan membantu apalagi terjadi anemia.
  •   Tekanan darah tinggi.
Buah tropis unik ini sangat tinggi kalium, tetapi rendah ragam, sehingga sangat sempurna untuk memerangi tekanan dara, begitu tingginya, sehingga FDA Amerika mengizinkan perkebunan petai untuk melakukan klaim resmi mengenai kemampuan buah ini untuk menurunkan resiko tekanan darah dan stroke.
  •   Kemampuan otak
Dua ratus siswa di twickenham, middlesex inggris, tertolong dengan mudah menyelesaikan soal-soal ujian pada tahun ini karena memakan petai pada saat sarapan, istirahat dan makan siang. Riset telah membuktikan bahwa buah dengan kandungan kalium tinggi dapat membantu belajar dengan membantu siswa semakin waspada.
  •   Sembelit
Karena kandungan serat yang tinggi, maka petai akan mempermudah menormalkan kembali aksi pencernaan, membantu mengatasi permasalahan ini tanpa harus kembali ke laktasif.
  •   Obat mabuk
salah satu cara paling cepat untuk menyembuhkan “penyakit” mabuk adalah milk shake petai, yang dimaniskan dengan madu. Petai akan membantu menenangkan perut dan dengan bantuan madu akan meningkatkan kadar gula darah yang turun, sedangkan susu akan menenangkan dan kembali memperbaiki kadar cairan dalam tubuh.
  •   Kekenyangan
Petai memiliki efek antasida pada tubuh, sehingga bila dada Anda terasa panas akibat kebanyakan makan, cobalah makan petai untuk mengurani sakitnya.
  •   Mual di pagi hari
Makan petai diantara jam makan akan menolong mempertahankan kadar gula dan menghindari muntah.
  •   Gigitan nyamuk
Sebelum Anda meraih krim gigitan nyamuk, coba untuk menggosok daerah yang terkena gigitan dengan bagian dalam kulit petai. Banyak orang berhasil mengatasi rasa gatal dan bengkak dengan cara ini.
  •   Untuk syaraf
Petai mengandung vitamin V dalam jumlah besar, sehingga akan membantu menenangkan sistem syaraf.
  •   Kegemukan
Penelitian di institute of psychology Austria menemukan bahwa tekanan pada saat kerja menyebabkan orang sering meraih makanan yang menenangkan seperti coklat dan keripik. Dengan melihat kepada 5000 pasien dirumah sakit, peneliti menemukan bahwa kebanyakan orang menjadi gemuk karena tekanan kerja yang tinggi.
Laporan menyimpulkan bahwa, untuk menghindari nafsu memakan makanan karena panik, kita butuh mengendalikan kadar gula dalam darah dengan ngemil makanan tinggi karbohidrat setiap dua jam untuk mempertahankan kadarnya tetap.
  •   Luka lambung
Petai digunakan sebagai makanan untuk merawat pencernaan karena teksturnya yang lembut dan halus. Buah ini adalah satu-satunya buah entah yang dapat dimakan tanpa meneyebabkan stres dalam beberapa kasus yang parah. Buah ini juga mampu menetralkan sam lambung dan mengurangi iritasi dengan melapisi permukaan lambung.
  •   Mengatur suhu tubuh
Banyak budaya lain yang melihat petai sebagai buah ‘dingin’ yang mampu menurunkan suhu tubuh dan emosi ibu yang menunggu kelahiran anaknya. Di Belanda misalnya, ibu hamil akan makan petai untuk meyakinkan bahwa si bayi lahir dengan suhu tidak tinggi. Seasonal Affective Disorder (SAD) atau penyakit emosional yang kacau, petai dapat membantu penderita SAD karena mengandung pendorong mood alami, trytophan.
  •   Merokok
Petai dapat menolong orang yang ingin berhenti merokok, vitamin b6 dan B12 yang dikandungnya, bersama dengan kalium dan magnesium, membantu tubuh cepat sembuh dari efek penghentian nikotin.
  •   Stres
Kalium adalah mineral penting, yang membantu untuk menormalkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak dan mengatur keseimbangan cairan tubuh, ketika kita stres, sehingga akan mengurangi kadar kalium dalam tubuh. Hal ini dapat diseimbangkan lagi dengan bantuan makanan petai yang tinggi kalium.
  •   Stroke
Menurut riset dalam “The New England Journal of Medicene” makan petai sebagai bagian makanan sehari-hari akan menurunkan resiko kematian karena stroke sampai 40 persen.
  •   Caplak (kutil besar)
Mereka yang suka berpaling pada pengobatan alami akan berani bersumpah, jika kamu ingin mematikan caplak, maka ambil sepotong petai, dan letakkan di caplak itu. Tetap pertahankan petai itu dengan menggunakan plester.

Itulah beberapa manfaat/khasiat yang terdapat pada buah petai,.Bagaimana??? Anda tertarik ingin mengkonsumsinya… :)
SILAHKAN DI COBA..
:)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news


web widgets